Rabu, 15 Mei 2013

Umpan mancing di air tawar


umpan dicampuri essens
Rekan-rekan ada yang tau apa itu essens ? mungkin sebagian sudah tau, faham, atau bahkan sering menggunakan ;-)
Ya, essens adalah sebuah cairan yang biasanya digunakan sebagai campuran(memberi rasa dan aroma) pada pembuatan kue. Jenis essens bermacam-macam. Ada yang rasa nangka, durian, strawbery, sirsak,dll. Tergantung ingin berasa apakah kue yang kita buat ;-)
Namun, ada sedikit hal yng mungkin belum banyak orang tau, termasuk anda ;-), bahwa essens bisa dipakai sebagai campuran umpan buatan untuk memancing. Khususnya di air tawar, dan ini sangat MANJUR lho.... kami sudah pernah buktikan ;-)
Jenis ikan yang suka akan aroma dari essens ini juga beragam. Mulai dari gurame, mujaer, wader,dll. So, bagaimana caranya ?
Cara untuk ini sangat mudah, yaitu tinggal tambahkan saja essens pada ramuan umpan yang anda buat atau pada saat membuat adonan umpan. Jenis essens yang pernah saya pakai adalah essens nangka. Saya campurkan dengan ramuan umpan yang biasa kita pakai memancing.
So, ternyata terbukti, ikan juga perlu menu yang sedikit berbeda dari menu biasanya yang mereka makan sehari-hari ;-) Ikan juga bisa bosan... ;-)

umpan ramuan, murah mantab

Tidak jadi masalah untuk itu, yang penting rumusnya untuk meramu umpan ikan pancingan, khususnya air tawar, SANGAT boleh dicoba..! Untuk temen-temen yang suka mancing di air tawar dengan jenis ikan seperti lele, mujaer, nilla, dan sejenisnya, hal ini patut dicoba, Yaitu: 
Jika Ikan Buruanmu Adalah Lele 
Tidak usah pusing-pusing untuk membuat umpan buatan dari berbagai macam bahan untuk memancing ikan jenis ini. Cukup gunakan cacing tanah. Namun, perlu anda poles dengan sedikit bumbu agar anda lebih dilirik (umpan) maksudnya ;-) oleh si Lele. How...??? 
  • pertama : Carilah cacing tanah
  • kedua : Telor bebek, ambil kuningnya saja
  • Ketiga : Masukkan kuning telor bebek ke dalam wadah, kemudian campurkan/aduk cacing kedalamnya
  • Keempat : Pergilah berburu lele ! Buktikan apa yang terjadi... ;-)
Jika Buruanmu Adalah Nilla, Mujaer, dan sejenisnya 
Tidak perlu banyak keluar duit untuk umpan buatan ini. cukup simpel, namun mematikan alias DAHSYAT.... ;-)
  • Pertama : Beli/ambilah pelet (pakan ikan)
  • Kedua : Ambilah daun pandan (yang biasa dibuat penyedap santan/makanan), tumbuk lalu ambil airnya saja. Diblender juga boleh ;-)
  • Ketiga : Campur pelet dan air pandan tersebut. Aduk-aduk hingga menyatu.
  • Keempat : Umpan siap DIGUNAKAN...
umpan ramuan istimewa 
mungkin ada yang butuh resep baru meramu umpan. Kita mencari-cari, di iklan televisi kok gak ada ya...? yup, hanya disini tempatnya... ;-)
Namun ini bukanlah sebuah iklan, hal ini dalam dunia permancingan disebut umpan/pakan. Umpan/pakan bisa jadi dari binatang seperti cacing, jangkrik, larva tawon (tolo), pelet, sampai pada umpan buatan (umpan yang diramu sendiri oleh pemancing).
Mengingat ulasan sebelumnya, kita harus tau dulu jenis ikan apa yang kira-kira akan dipancing. Hal ini untuk menentukan ketepatan pemilihan umpan. Disini, akan kami bagikan sedikit trik untuk umpan buatan berdasarkan pengalaman yang bisa menghasilkan banyak ikan, dengan kata lain ikan suka umpan ini. Khususnya adalah ikan air tawar. Bisa ikan mas/tombro, mujaer, dll. Rekan-rekan bisa coba. Langkah-langkahnya adalah :
Langkah pertama:
Jagung yang gak terlalu tua di parut, bisa juga di blender/jus. Kemudian ditambah mentega, bisa blueband, atau merek yang lain. Keduanya dikukus seperti kue.
Langkah kedua:
Angkat kukusan tersebut, angin-anginkan biar dingin. Setelah dingin dan dikira siap, umpan di aduk dengan ditambah essen, bisa rasa nangka atau duren yang biasa dipakai. Agar lebih bagus lagi, ramuan bisa dicampur dengan telur bebek belut kukus (dibuang isi perut dan tulangnya).
Langkah ketiga
Supaya gak terlalu lembek bisa ditambah sama ubi putih (ubi jalar) yang sudah dikukus. Selanjutnya tambahkan mie instan kering yang sudah dihaluskan, untuk menghindari kelembek-an bahan tadi.
Langkah keempat:
Tambahkan kroto (telur semut merah/rangge) pada umpan dengan meremas-remas. 
umpan ramuan khusus ikan mas
RAMUAN (1)
  • 3 kg ikan mas atau belut
cara membuat :
Bila memakai ikan mas, buang isi perut dan insangnya, kukus hingga masak. Untuk belut, masukan saja ke dalam kantong plastik bening dapat juga ditambahkan daun pandan dan sedikit daun sereh, kukus hingga matang.
Cara pakai cukup diambil dagingnya saja, kaitkan pada kail.
RAMUAN (2)
  • 30 Tongkol jagung muda
  • 1,5 ons singkong
  • 0,5 butir kelapa muda
  • 1 blok keju Kraft
  • Roombutter Weijmans secukupnya
  • 5 butir kuning telur bebek ( boleh tidak dipakai )
  • 3 kg kroto (kroto beras)
Cara membuat :
Jagung, singkong, kelapa muda dan keju diparut lalu dicampurkan dengan sisa bahan dan diaduk rata. Adonan dibungkus rapat dengan alumunium foil. Dikukus selama 2 jam dengan api kecil, air sudah harus mendidih saat adonan dimasukkan. Kroto dicampurkan saat umpan akan dipakai.
RAMUAN (3)
  • 5 kg ubi jalar
  • 2kg daging belut
  • Ocoy (pengeras umpan) secukupnya
  • 2 kg kroto
Cara membuat :
Ubi jalar dikupas. Ubi jalar, daging belut, dan ocoy dicampurkan kemudian dihaluskan dengan blender. Ocoy fungsinya sebagai pengeras. Bila tidak ada, bisa diganti dengan tepung mie atau susu bubuk. Saat akan dipakai, adonan dicampur lagi denagan kroto.
umpan sarden, untuk lele dan patin

So, bagaimana cara ngebuat sarden buat umpan...? ikuti langkah-langkah di bawah:
  1. Buka sarden dan tuangkan pada sebuah wadah.
  2. Tuangkan pelet dan telur bebek kedalamnya, aduk-aduk sampai menyatu dan....
Umpan SIAP digunakan ;-) 
Mudah dan simpel bukan...??? Buktikan hasilnya. Terutama untuk mancing lele, patin di kolam.
umpan untuk memancing belut
Ketika hendak memancing belut atau membuat perangkap untuk belut di sawah, biasanya hanya memakai katak kecil/kecebong, cacing, atau jangkrik. Nah untuk yang ini, ketika anda ingin membuat perangkap untuk belut, sebelum mengikat cacing dalam perangkap, hendaknya cacing untuk dibakar terlebih dahulu. Jangan lama-lama ya, nanti gosong... ;-0)
Setelah cacing dibakar, maka ikat didalam perangkap untuk belut. Kemudian benamkan perangkap tersebut ke dalam lumpur sawah. Cari tempat yang sekiranya belut disitu.
Untuk pemilihan waktu penempatan perangkap pilih di sore hari menjelang magrib. Tinggal perangkap tersebut semalam di tempatnya.
Pada keesokan harinya, pagi-pagi atau selepas sholat subuh, silahkan angkat perangkap. Namun anda perlu hati-hati lho, karena bisa jadi yang masuk perangkap adalah ular atau ular dan belut ;-), So, anda bisa BUKTIKAN sendiri hasil dari perangkap cacing bakar ini... ;)
Mengapa cacing bakar...???
karena aroma dari cacing yang dibakar, sangat menyengat di hidung belut ;-)
ya intinya, tips gini lebih MUJARAB ketimbang yang biasa dilakukan. Selamat Mencoba... !!!
Tips Sukses:
Lakukan masang perangkap diatas pada masa tanam tiba. Ketika sawah baru selesai di cangkul atau digemburkan. Karena pada saat ini lebih banyak belutnya ;-)
umpan khusus ikan wader
Ikan wader. tau gak sobat gimana cara/Ramuan efektif buat ngedapetin ikan jenis ini...??? ya, memang kebanyakan mancing dengan cacing, tolo (anak/larva lebah), dan lain...lain....
Namun ada Ramuan Khusus yang tidak kalah AMPUH buat umpan mancing wader. Apa itu...??? Simak dech.....
  • Siapin tempe, nasi putih, bawang putih
  • Tumbuk/haluskan semua bahan diatas menjadi satu. Jangan lupa untuk menambahkan air hangat sedikit. Tujuanya untuk mencampur. Jangan terlalu banyakl karena akan membuat adonan ramuan lembek/encer.
  • Setelah jadi, buatlah semacam gumpalan kecil yang dikaitkan ke mata pancing. Seperti ketika sobat memancing dengan pelet.
umpan khusus ikan kali dekat muara
Beberapa waktu yang lalu saya bersama beberapa rekan hunting spot baru buat mancing. Ya, lokasi yang jarang terjamah orang atau pemancing kebanyakan. Memang agak dalam, dekat dengan hutan jati. Namun disitulah ikan-ikan sungai yang lebih tepatnya disebut muara (karena) udah gak jauh-jauh amat dengan laut berada.
Kami mencoba menggunakan kepiting sungai (empet) tapi dipilih yang bertulang lunak. Jangan yang bertulang keras. Karena menurut pengalaman kami sobat JM, ada dua jenis. Kepiting ini banyak dijumpai di sungai-sungai atau kali-kali di sekitar kita. Biasanya mereka hidup di pinggiran, merambat. Cara mendapatkan mereka ada beberapa langkah. Yang sering digunakan adalah dengan menebar Desis atau semacam racun buaat hama tanaman. Biarakan beberapa saat, maka kepiting ini akan berterbangan keseret arus atau minggir ;-)
Sobat JM tinggal mengambil mereka dengan serok atau tangan. Cara pemakaian umpan ini, hilangkan semua kakinya, buka cangkang depan, kemudian masukkan ke kail/mata pancing. Gunakan untuk mancing di lokasi seperti yang kami sebutkan diatas sobat dan silahkan BUKTIKAN sendiri sensasi STRIKE yang gak begitu lama dari buruan sobat... ;-)
Mengapa...??? karena kepiting jenis ini (tulang lunak) merupakan makanan alami bagi sang buruan/ikan. Jadi seolah mereka mendapatkan pakan GRATIS tanpa harus susah payah nyari,hehehee....
Selamat Mencoba

5 komentar:

  1. Bos, kalo nyari umpannya dengan meracun apa ga merusak alam?

    BalasHapus
  2. tempenya mesti di goreng dulu ga bos??

    BalasHapus
  3. Sedikit untuk tambahan bagi pemancing mania, untuk umpan kalau bisa di campur sedikit dengan minyak bulus gan. Tapi minyak bulus nya yang asli yah gan. Karena amis nya semua ikan air tawar suka. Ini pengalaman teman ane. . Juara terus. ... tip ini saya share karena ane ingin berbagi aja.. hehe. ..

    BalasHapus
  4. apalagi pakannya campur duit seratusan tambah manjur ganz

    BalasHapus
  5. Gue pernah pakai ramuan Pelet Stella, jago banget gan.

    BalasHapus