Rabu, 15 Mei 2013

Resep Umpan Mancing Ikan Mujair atau Nila atau Jaer



Ikan mujair atau lazim disebut ikan jaer merupakan ikan favorite karena yang memang rasanya uenak dan ikan ini sangat familiar di masyarakat.
Untuk memancing ikan jenis ini pun bias dibilang cukup mudah karena karakter memakannya yang cukup bengis sehingga mudah sekali di lihat saat ikan ini memakan umpan yang kita pasang di kail.
Berikut beberapa resep umpan untuk mancing ikan Mujair / Nila / Jaer
Resep 1
  1. Tepung Ketan Rose Brand ¼ kilo.
  2. Tepung Jagung Maizena ½ bungkus.
  3. Lumut Sawah (yang dipake dalam keadaan setengah basah).
  4. Vanili bubuk 1 sdm
Cara Pengolahan:
Tepung Ketan + Tepung Jagung + Lumut + Vanili = Campur jadi satu + dikukus +/- 5 - 10 menit. Tapi hati-hati dengan lumutnya, karena kalo dikukus mudah hancur.
Resep 2
Umpan yg paling joss buat nila ga ada lain selain lumut sawah, bisa tambahkan sedikit campuran essence vanili, ato coco pandan ke lumutnya tapi tetep pake kail no. kecil. Agar tidak tenggelam, nyantolin umpannya kecil saja atau kalo perlu pake pelampung busa tapi yg kecil....!
Resep 3
Pake Cacing
Yang bagus cacing kristal sih tidak mudah kesobek, kalau mujair nila ya pake lumut tambahan pewangi seperti vanila memang bagus. ..mancing dasar... lempar sejauh-jauhnya... trus di gulung pelan2... berhenti... gulung lagi pelan2... berhenti... begitu terus sampe ada yang senggol tuh umpan... kalo ada yang senggol... berhenti dulu... sampe bener2 dimakan baru gentak... biasanya babon yang sekali samber langsung bawa kabur... hehehe... selamat mencoba....
Resep 4
Umpannya ulat beras. Dikampung biasanya beras disimpan digentong yg terbuat dari tanah liat, nah biasanya klo kelamaan berasnya pada nempel di dalam gentongnya dan biasanya disitu banyak ulat berasnya.
Biasanya ikan mas/nila/mujaer paling galak sama umpan ini.
Resep 5
Menggunakan umpan udang air tawar yang biasa digunakan untuk makanan ikan louhan (pake pelet rasa udang/essence udang).
Resep 6
Menggunakan umpan ulat belimbing yang biasanya ada pada belimbing yang busuk atau kematengan di pohon dan jatuh sendiri ke tanah.



19 komentar:

  1. makasih banyak atas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sln kenal kang eko pang kasepna..

      Hapus
  2. Buat para engler ....mnia ad spot bagus untuk jaer nila...lokasi cilebar krwng...murah dan bnyak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas dmnya gan , oiya daerah jkrta ad g'?''

      Hapus
  3. nuhun kang inpo na,
    Sugan ue manjur keur di saguling

    BalasHapus
  4. suhu yg satu ini memang ampuh banget racikan umpannya. makasih suhu... hehehehehe

    BalasHapus
  5. gimana kalo pakai tepung jagung vanila ?

    BalasHapus
  6. trus gimana cara buat umpan nila air asin?

    BalasHapus
  7. klo pke jangkrik gmna ? bisa gk ?

    BalasHapus
  8. alah nualus mah mang milik hahahaha.....umpan apa aja klo miliknya bokemah nihilll....

    BalasHapus
  9. saya biasanya pakai dedak campur nasi yang digumpalkan

    BalasHapus
  10. nyari yg daerah cileungsi diman ya gan ?

    BalasHapus
  11. saya pake cacing sareng huut badag

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Danau buatan di ginung sindur TKP Komplek DepKumHam masuk dari pintu gerbang arah LP gang pertama ambil kanan mentok lurus lapangan bola.
    Patokan sebrang lapangan bola.
    Spot Mujaer,gabus tomank,Lele.

    Kemaren saya strike Gabus Tomank dan lele size besar umpan pelet racikan bahan dasar Terigu+terasi+garam+Roti tawar.

    BalasHapus
  14. saya biasanya cuma pake cacing om. karna mujair atau nila ini karakternya sama kayak betok yg suka nitilin umpan, jadi umpannya harus tidak mudah lepas. (maaf kalo salah) hehe.
    yang mau tau cara membuat pancing tajur dari tanaman pelumpung, monggo berkunjung ke blog ane http://echopreneur.blogspot.com/2014/08/cara-membuat-pancing-tajur-dari-tanaman.html

    BalasHapus
  15. Mantap nih resep Umpan Mancing Ikan Nila dan mujairnya mudah mudahan bisa nyoba dah dalam beberapa hari kedepan. makasih ya min dan salam kenal dari angler pemula

    BalasHapus