ANEKA PERALATAN MEMANCING

STICK PANCING


 



Stick pancing dipergunakan untuk memmbantu kita dalam menentukan target atau arah memancing juga mempermudah dalam mengangkat ikan yang akan dipancing, alat ini disesuaikan ukurannya tergantung yang kita butuhkan, misalkan : untuk target ikan kecil gunakanlah yang berukuran kecil demikian pula sebaliknya.

RELL (ROL) PANCING

Dipergunakan untuk menggulung senar atau menarik ikan yang kita dapat sehingga kita mudah melakukannya.

Rell pancing ada 2 jenis :

1. Rell seperti gambar di bawah ini dipergunakan untuk teknik mancing popping, jigging, dasaran.

2. Rell yang seperti dibawah ini hanya dipergunakan untuk teknik trolling, umpan dilepas sambil menjalankan perahu.

 



 


Bagian - bagian yang terdapat dalam rell pancing


PELAMPUNG

Memancing (Inggris:Fishing) secara luas adalah suatu kegiatan menangkap ikan yang bisa merupakan pekerjaan, hobi, olahraga luar ruang (outdoor) atau kegiatan di pinggir atau di tengah danau, laut, sungai dan perairan lainnya dengan target seekor ikan. Alat yang digunakan biasa disebut pancing.
Alat pancing terdiri dari bermacam alat pendukung, seperti:
  • Pelampung pancingan, bisa terbuat dari kayu, busa, gabus atau plastik selama sesuai dengan penggunaannya sebagai pelampung yang ringan dan dapat mengambang di atas permukaan air.
  • Pemberat umpan pancing, umumnya menggunakan bahan dari timah agar umpan dapat tenggelam di bawah air.
  • Rol pancing, biasanya diletakkan pada pangkal dari tongkat (joran) yang berguna sebagai tempat menggulung tali senar dan terdapat pemutar pada bagian sampingnya, tapi bisa juga digulung secara manual oleh tangan tampa rol.
  • Tali senar, untuk memasang mata kail sekaligus sebagai media penghubung antara pemancing dengan ikan yang terpancing.
  • Tongkat, untuk tempat rol pancing pada pangkalnya dan biasanya tongkat tidak digunakan pada area berair dalam atau pada saat memancing dasar.
  • Umpan pancing, terdiri dari beragam variasi, mulai dari umpan buatan misal berupa ramuan hingga umpan alam hidup ataupun mati misalkan ikan kecil, udang, cacing atau cumi-cumi.
Cara menangkap ikan paling favorit dan praktis serta dapat dilakukan secara sendirian ialah dengan menggunakan tali pancing atau senar. Ujung senar dipasang satu atau lebih mata kail yang masing-masing diberi umpan hidup atau tiruan.
Menangkap ikan dengan cara ini dapat dilakukan di pinggir sungai, danau, tepi laut atau bahkan di tengah laut dengan menggunakan perahu.
Cara mengikat pancing biasanya tergambar di balik kemasan kail yang Anda beli. Untuk kualitas bagus seperti Gamakatsu, Owner sudah terdapat cara untuk memasang dan mengikat kail.
Meski cara mengikatnya ada berbagai macam, namun secara garis besar para pemancing membedakannya menjadi dua macam, yakni untuk ikan laut dan untuk ikan air tawar.
Cara mengikat mata kail pancing untuk pemancingan ikan air tawar, biasanya langsung menggunakan Senar yang diikatkan di mata kail. Senar kadang dapat diganti dengan penggunaan benang nilon yang lebih lemas dan tidak bisa keriting seperti senar.
Senar atau benang nilon diikatkan ke lubang atau mata kail dan sebaiknya disambungkan ke kili-kili, fungsinya adalah sebagai poros yang dapat berputar-putar jika ikan tangkapannya bergerak dengan liar. Kili-kili yang dapat berputar mengikuti pergerakan ikan akan membantu senar supaya tidak keriting.
Selanjutnya, sambungkan ke pemberat yang diletakkan di tengah-tengah rangkaian senar. Gunakan pemberat yang tidak terlalu besar, agar saat melemparkan umpan ke air dengan cepat umpan akan tenggelam, untuk umpan yang melayang saat di air tentu saja akan sangat membantu.
Dan yang terakhir dalam rangkaian kail yaitu pelampung yang dibuat secara fleksibel sehingga bisa di geser ke atas dan kebawah disesuaikan dengan kedalaman kolam.
Pada saat memancing ikan laut, senar pancing sebaiknya tidak langsung diikatkan ke mata kail, namun terlebih dahulu disambungkan ke serat baja dengan ukuran secukupnya. Serat baja akan menahan gigitan ikan yang cukup tajam.
Gigitan ikan di laut bisa memutuskan senar Anda, maka sebaiknya penggunaan serat baja sepanjang kurang lebih 30 cm akan menahan resiko senar putus karena gigitan ikan.

Pemberat atau timbel digunakan sebagai penyeimbang di dalam air. Jumlah beratnya sendiri sangat disesuaikan dengan kedalaman kolam serta besar pelampung. Takaran berat yang pas akan memberikan keseimbangan yang pas sehingga umpan tidak terombang-ambing karena arus air dan posisi pakan umpan selalu berada mengambang pas dengan posisi makan ikan.
pelampung pancing
pelampung pancing
Bentuk pemberat sangat tidak baku, ada yang berbentuk bulat, lonjong, kerucut dan lembaran. Besar dan beratnya pun juga relatif. Sesuai dengan keperluan pemancing dan seleranya. Semakin besar pemberat, semakin besar pula pelampung yang dipakai. Paling enak menggunakan pemberat yang berbentuk lembaran. Karena dengan mudah dapat diganti beratnya sesuai dengan kebutuhan.

Pelampung merupakan satu kesatuan dengan pemberat yang merupakan alat penyeimbang senar dan mata pancing , fungsi pelampung sendiri sebenarnya lebih sebagai pembantu penglihatan pemancing jika umpan telah disambar ikan. Pelampung akan bergerak – gerak dan tenggelam saat ikan mulai memakan ikan, dan itu pertanda bahwa pemancing  harus menarik joran sesegera mungkin. Pelampung yang baik harus dapat dilihat secara jelas oleh kita. Penempatannya yang sesuai dengan panjang senar serta posisinya yang berada di atas permukaan air akan memudahkan pengawasan umpan pancing. Dengan pola warna yang mencolok akan memudahkan pemancing untuk mengetahui pergerakan ikan, bahkan untuk cara memancing pada malam hari telah dibuatkan model khusus pelampung dengan menempatkan cahaya flourecent pada pelampung untuk penglihatan di malam hari. Jenis – jenis pelampung sekarang banyak dibuat dari bahan busa, karet dan styrofoam, yang memiliki ciri kedap air. Dengan aneka ragam bentuk yang ada, anda bisa memilihnya sesuai dengan selera.

Bagaimana mengikat pelampung untuk mancing

memancing sangat populer dan menyenangkan bagi pemancing muda karena mereka bisa melihat mengapung di permukaan. Mengikat pelampung ke tali pancing mudah dan tidak memerlukan alat tambahan selain apa yang mungkin sudah ada dalam kotak alat.

1. Keluarlah pancing Anda dan pening setup. Tarik out 2 meter dari garis luar mata terakhir pada batang. Anda akan perlu untuk membuat berhenti simpul, sehingga memotong 5-inci bagian dari nilon tentang lebar yang sama atau diameter baris Anda.

2. Mengambil tempat nilon dan pusat melewati garis (sekitar 6 inci dari ujung batang). Ambil kedua ujung nilon dan menukik mereka di bawah garis lalu kembali berakhir. Membawa dua ujungnya di atas garis dan membentuk simpul bedah dengan memuntir nilon di sekitar satu sama lain menjadi sebuah kumparan (lihat gambar). Lalu kencangkan dan tarik ujung ditutup. Mengikat satu simpul di atas dan memotong berakhir.

3. Tambahkan manik-manik satu baris. Akan pergi ke mana pun ia ingin pergi seperti yang bebas bergerak atau longgar-berbaris. Jangan khawatir, inilah apa yang seharusnya. Thread yang mengapung ke baris. Mungkin akan menekan melawan manik-manik dan beristirahat di sampingnya.

4. Thread berat yang Anda pilih pada baris. Ini akan menekan melawan float. Manik-manik menambahkan baris. Ini akan melekat ke sisi berat badan tapi tetap longgar ketika Anda memindahkan baris.

5. Ambil beberapa baris atau jalur ekstra dari spool lain dan memotong sebagian panjang 15 inci. Pada salah satu ujungnya, dasi putar di atas dengan simpul sederhana (kecuali jika Anda memiliki preferensi). Pada ujung yang lain, dasi di hook.


6. Ambil sepotong tambahan ini garis dan mengikat akhir baris gratis dari batang ke sisi kosong putar. Anda seharusnya sudah memiliki pelampung diikat dan sejalan dengan kail terlampir. Anda siap untuk ikan!

Petunjuk:

Berlatih keterampilan mengikat simpul-beberapa kali pada sepotong cadangan baris sehingga Anda tidak merusak pancing baik.

BOX (KOTAK) MEMANCING

Dipergunakan untuk menyimpan alat-alat dalam memancing, juga bisa sebagai alat tumpuan dalam meletakkan stick pancing.






"JIKA PERALATAN SUDAH TERLENGKAPI SEMUA MAKA BERSIAPLAH UNTUK MERASAKAN SENSASI MEMANCING, TAPI INGAT JAGA LINGKUNGAN,  ANAK CUCU KITA JUGA INGIN MERASAKAN SENSASI MEMANCING."

0 komentar:

Poskan Komentar